ANALISIS PENGUKURAN USABILITY MOBILE BANKING DENGAN METODE USE QUESTIONNAIRE DAN IPA
Abstract
Dalam industri perbankan, mengevaluasi layanan produk konsumen melibatkan tidak hanya pelayanan yang unggul, tetapi juga dukungan dari lembaga keuangan. Pelanggan mengharapkan kemudahan dan kecepatan dalam transaksi, serta kepuasan dari pengalaman menggunakan layanan perbankan. Oleh karena itu, diperlukan sistem yang efektif dan efisien untuk memenuhi kebutuhan nasabah. Peran teknologi sangat krusial dalam bisnis saat ini, terutama di sektor perbankan, di mana penggunaan teknologi terkini sangat penting untuk mendukung operasional sistem perbankan yang ada. Penelitian ini bertujuan mengevaluasi aplikasi mobile BCA dengan menggunakan Use Questionnaire dan IPA, juga memberikan rekomendasi kepada perusahaan berdasarkan hasil evaluasi untuk meningkatkan kualitas aplikasi mobile BCA. Temuan penelitian menyoroti pentingnya kemudahan pengenalan tampilan menu, pencarian halaman, dan proses pengunduhan aplikasi sebagai pertanyaan kunci yang esensial bagi pengguna, namun saat ini masih belum sepenuhnya memenuhi harapan mereka. Hasil dari penelitian ini dapat digunakan untuk mengakomodasi harapan pengguna dan mengadaptasi aplikasi dengan kebutuhan mereka. Meskipun demikian, terdapat aspek dari aplikasi yang telah memenuhi keinginan pengguna.