IMPLEMENTASI OPEN AI PADA WEBSITE RESTORAN MAKANAN INDIA

  • Nela Puspita Florensia Teknik Informatika, Universitas Palangka Raya
  • Yunisa Nur Safa Teknik Informatika, Universitas Palangka Raya
  • Yulia Patimah Teknik Informatika, Universitas Palangka Raya
  • Ressa Priskila Teknik Informatika, Universitas Palangka Raya
  • Viktor Handrianus Pranatawijaya Teknik Informatika, Universitas Palangka Raya
Keywords: Chatbot, API AI, Restoran, Layanan Pelanggan, Kepuasan Pelanggan

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membangun sebuah chatbot restoran yang menggunakan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) untuk meningkatkan pengalaman pelanggan. Chatbot ini dirancang dengan menggunakan Application Programming Interface Artificial Intelligence (API AI) dari Gemini dan OpenAI. Chatbot ini memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi dengan sistem restoran menggunakan bahasa alami, mendapatkan informasi mengenai menu dan mendapatkan rekomendasi. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk membangun chatbot dan metode Black Box Testing untuk menguji chatbot. Hasil pengujian menunjukkan bahwa chatbot ini dapat berfungsi dengan baik dan memberikan informasi yang relevan kepada pengguna. Chatbot ini juga dapat memberikan rekomendasi menu berdasarkan preferensi pelanggan. Penggunaan chatbot restoran yang menggunakan AI API dari Gemini dan OpenAI membawa sejumlah manfaat, antara lain peningkatan efisiensi dalam layanan pelanggan, penghematan waktu dalam proses pemesanan, dan peningkatan kepuasan pelanggan melalui interaksi yang lebih responsif dan personal.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-14