OPTIMASI PENJUALAN AYAM BROILER MENGGUNAKAN METODE ALGORITMA K-MEANS
Abstract
Industri unggas, terutama dalam aspek penjualan ayam potong broiler, telah berkembang secara signifikan dalam beberapa tahun terakhir karena meningkatnya permintaan dari konsumen terhadap produk unggas. Dalam upaya untuk mengoptimalkan penjualan dan mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam mengenai preferensi konsumen, Masalah yang ada di ayam potong broiler nasir ialah penjual kurang mengetahui tingkat penjualan ayam yang banyak terjual dan yang sedikit terjual sehingga untuk menyuplai ayam potong tidak terlalu banyak.tujuan penelitian ini untuk mengoptimalkan penjualan ayam potong broiler di toko nasir ini dan meningkatkan penjualan.metode yang digunakan adalah algoritma K-Means, yang merupakan salah satu metode pengelompokan populer yang banyak digunakan dalam bidang data mining. Kumpulan data yang digunakan dalam analisis melibatkan data transaksi penjualan, seperti stok ayam broiler , jumlah ayam yang tersedia dan jumlah ayam yang terjual . Data ini memungkinkan penulis untuk mengungkapkan pola-pola yang signifikan. Hasil dari penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi Broiler Nasir dan perusahaan sejenis dalam industri unggas. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pelanggan. Hasil dari clustering yang dilakukan penulis adalah pada cluster 0 dengan jumlah 9 items tingkat penjualan paling sedikit terjual, cluster 1 dengan jumlah 5 items menjadi penjualan tingkat tinggi dan cluster 2 dengan jumlah 18 items penjualan konsisten
Downloads
Copyright (c) 2024 JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.