PENGUKURAN MANAJEMEN KUALITAS APLIKASI MOBILE ICE RANGER BERDASARKAN ISO 25010 MENGGUNAKKAN EUCLIDEAN DISTANCE

  • Kevin Igor Ibnu Listanto Teknik Informatika, Politeknik Negeri Jember
  • Megawati Putri Martinez Teknik Informatika, Politeknik Negeri Jember
  • Rani Purbaningtyas Teknik Informatika, Politeknik Negeri Jember
  • Mochammad Rifki Ulil Albaab Teknik Informatika, Politeknik Negeri Jember
Keywords: Sistem Pengiriman, Kualitas SDM, Budaya TIK, Ice Ranger,Eucludian Distance, ISO25010

Abstract

Sistem Informasi Akademik melalui variable budaya TIK memberikan pengaruh positif terhadap kinerja. PT PrimaTeknikindo menjadi perusahaan yang memanfaatkan perkembangan teknologi informasi. Dengan sebuah aplikasi yang bernama Ice Ranger. Ice ranger merupakan aplikasi tracking pengiriman es yang dapat diakses oleh beberapa user yaitu admin, super admin. Metode yang digunakan dalam pengujian adalah pengukuran langsung dengan menggunakan metode euclidean distance. Data yang diambil berdasarkan pengukuran manajemen kualitas pada aplikasi“Ice Ranger“ yang telah didapat berdasarkan ISO 25010. Euclidean Distance pengumpulan data primer diambil dengan observasi serta wawancara. Pada pengambilan data observasi dilakukan dengan mengamati sistem bekerja pada PT. PrimaTeknikindo Raya untuk mengetahui apa kendala ataupun masalah yang dialami oleh pekerja selama ini, sedangkan pada tahap wawancara dilakukan dengan mengajukan  pertanyaan wawancara kepada narasumber yaitu owner dari PT. Prima Teknikindo. Data yang diperoleh pada wawancara  antara lain kebutuhan PT.Prima Teknikindo dan kendala pada pengiriman es. Maka hasil nilai akhir dari rata - rata responden yaitu memiliki rata – rata  86,3%. Semua input dan luaran dapat berjalan sesuai dengan pengguna, sehingga aplikasi ice ranger dapat digunakan dengan baik. Aplikasi ice ranger  dikatakan layak untuk digunakan berdasarkan hasil pengukuran manajemen kualitas yang telah dilakukan

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-13