PEMODELAN POLA PENJUALAN SEPATU IMPOR MELALUI PENDEKATAN ALGORITMA K-MEANS

  • Rosnia Harum Teknik Informatika, STMIK IKMI Cirebon
  • Fathurrohman Fathurrohman Rekayasa Perangkat Lunak, STMIK IKMI Cirebon
  • Ade Rizki Rinaldi Rekayasa Perangkat Lunak, STMIK IKMI Cirebon
Keywords: Data mining, Algoritma K-Means Clustering, Sepatu Impor

Abstract

Toko Myi Store merupakan toko yang bergerak dibidang penjualan Sepatu impor, adapun permasalahan yang dihadapi oleh toko myi store yaitu owner tidak tahu data penjualan sepatunya dalam jangka tiga tahun terakhir itu meningkat atau menurun dan juga memastikan ketersediaan barang, stok barang, dan kelengkapan barang agar menghindari penumpukan barang yang sama dan kurang di minati oleh konsumen. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui produk yang diminati oleh konsumen dan bisa mendapatkan analisis data penjualan yang paling laku, laku dan kurang laku untuk dijual. Hasil dari penelitian ini melakukan 4 kali percobaan dengan k yang berbeda, dan diketahui dari 4 kali percobaan, nilai k yang paling optimal terdapat pada k = 4 dengan hasil DBI nya adalah 0. 189, Cluster yang dihasilkan memperoleh sebanyak 4 Cluster Setiap klaster memiliki karakteristiknya sendiri dalam tingkat penjualan yang berbeda-beda tergantung merek sepatu yang dijual. Klaster tersebut menunjukkan sejumlah pola yang paling banyak diminati oleh pembeli myi store terhadap sepatu yang dijual, Hasil dari cluster Sepatu yang paling laku adalah Converes dan Nike, sepatu yang laku yaitu Adidas dan New Balance, sedangkan sepatu yang kurang laku dan kurang diminati adalah Puma. Penelitian ini diharapkan dapat memberi wawasan yang lebih luas bagi industry sepatu untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih terfokus dan efektif.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-20