PENERAPAN DATA MINING PADA TRANSAKSI PENJUALAN SELAMA BULAN RAMADHAN UNTUK MENENTUKAN MARKET BASKET ANALYSIS MENGGUNAKAN ALGORITMA ECLAT

  • Rr Ani Dijah Rahajoe Teknologi Informasi, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Kartini Kartini Informatika, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
  • Adam Putra Bramantyo Informatika, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur
Keywords: Data Mining, Market Basket Analysis, Bulan Ramadhan, Algoritma Eclat

Abstract

Semakin banyak dan menjamurnya berbagai toko kebutuhan seahri-hari di Indonesia membuat persaingan bisnis dibidang ini juga semakin ketat. Hampir di setiap daerah terdapat toko kebutuhan sehari hari, mulai dari toko kelontong, warung madura, minimarket, hingga supermarket. Banyak dan ketatnya persaingan dalam bisnis usaha ini mendorong perlunya inovasi dan strategi baru agar dapat tetap bertahan dan tumbuh menjadi lebih berkembang. Meningkatkan penjualan di berbagai event besar tahunan bisa menjadi opsi untuk mengembangkan usaha umkm ini, salah satunya adalah pada bulan Ramadhan. Pada kondisi tersebut dibutuhkan teknik yang dapat mengolah data menjadi informasi yang bermanfaat. Salah satu contoh teknik yang dapat digunakan adalah data mining yang dapat berfungsi untuk mengetahui produk-produk apa saja yang sering dibeli secara bersamaan. Metode analisis yang digunakan adalah market basket analysis menggunakan algoritma Eclat, dimana algoritma ini berfungsi untuk menentukan himpunan data yang paling sering muncul (frequent itemset). Hasil dari penelitian didapatkan bahwa terdapat 6 frequent itemset yang memenuhi nilai minimum support dan confidence, dengan nilai support dan confidence tertinggi ialah Sariwangi30 – EnervonCMtv4 dengan nilai Support 0.82% dan Confidence 48% sebagai strong rule. Hal ini dapat menjadi pengetahuan baru dan evaluasi produk, yang diharapkan dapat meningkatkan penjualan  pada Bulan Ramadhan dan agar dapat berkembang lebih pesat

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-18