EVALUASI VARIABEL YANG MEMENGARUHI ADOPSI E-LEARNING OLEH DOSEN DI UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA SIDOARJO

  • Putri Herwitasari Sistem Informasi, Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur
  • Doddy Ridwandono Sistem Informasi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Siti Mukaromah Sistem Informasi, Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
Keywords: e-learning, TAM, ISSM, SEM-PLS

Abstract

Penerapan teknologi informasi yang terjadi saat pandemi Covid-19 menjadikan sistem pembelajaran di Perguruan Tinggi berubah menjadi pembelajaran daring atau online. Salah satunya Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo yang baru menerapkan e-learning ketika pandemi sehingga peran dosen sebagai instruktur memberikan peran penting dalam menentukan keberhasilan atau kegagalan suatu sistem dan dianggap sebagai pemangku kepentingan utama. Tujuan penelitian ini untuk mengevalusi variabel yang memengaruhi adopsi e-learning oleh dosen di Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo menggunakan model TAM dan ISSM Delone Mclean. Variabel yang digunakan yaitu perceived usefulness, perceived ease of use, information quality, system quality, service quality, instructors’ quality (attitude toward system) dan actual LMS adoption. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh dengan jumlah responden 54 dosen. Analisis data penelitian ini menggunakan SEM-PLS dengan software WarPLS 7.0. Berdasarkan hasil evaluasi menunjukkan bahwa variabel yang berpengaruh terhadap Actual Adoption of LMS yaitu System Quality, Information Quality, Service Quality dan Perceived Usefulness. Hasil evaluasi lainnya menunjukkan variabel yang berpengaruh terhadap Perceived Usefulness yaitu Information Quality dan Perceived Ease of Use. Selain itu, evaluasi lainnya mengungkapkan bahwa Attitude Toward System, System Quality dan Information Quality berpengaruh terhadap Perceived Ease of Use.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-20