ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA TWITTER TERHADAP BRAND INDOSAT MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER
Abstract
Era digital saat ini, media sosial memainkan peran penting sebagai platform untuk berekspresi, berbagi informasi dan berkomunikasi dengan orang lain. Twitter merupakan salah satu sosial media yang populer digunakan oleh masyarakat untuk mengeluarkan keluhan. Kelebihan Twitter memungkinkan respons yang cepat dari pihak yang diadukan. Indosat, sebagai perusahaan penyedia layanan telekomunikasi dan jaringan, menawarkan opsi prabayar dan pascabayar dengan memiliki hak dagang IM3 Ooredoo. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi persepsi masyarakat terhadap brand Indosat berupa komentar positif, maupun negatif dengan menggunakan metode Naïve Bayes Classifier (NBC) sehingga membantu perusahaan mengetahui karakateristik pelanggan, persepsi kualitas operator Indosat, serta tingkat kepuasan pelanggan untuk meningkatkan strategi marketing yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier (NBC) sebagai metode klasifikasi dan metode CRISP-DM sebagai tahapan penerapan sebuah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna twitter banyak memberikan “sentimen positif”. Hasil pengolahan 100 data tweet’s yang terdiri dari 500 review positif dan 500 review negatif mendapatkan nilai accuracy 83,91%+/-3.86% dan micro average 83.90 %.
Downloads
Copyright (c) 2024 JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.