ANALISIS SENTIMEN PENGGUNA TWITTER TERHADAP BRAND INDOSAT MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES CLASSIFIER

  • Lady Agustine Fitrana Universitas BSI
  • Safitri Linawati Sistem Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika
  • Nuraeni Herlinawati Sistem Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika
  • Rabiatus Sa’adah Sistem Informasi, Universitas Bina Sarana Informatika
  • Syarah Seimahuria Sains Data, Universitas Nusa Mandiri

Abstract

Era digital saat ini, media sosial memainkan peran penting sebagai platform untuk berekspresi,  berbagi informasi dan berkomunikasi dengan orang lain. Twitter merupakan salah satu sosial media yang populer digunakan oleh masyarakat untuk mengeluarkan keluhan. Kelebihan Twitter memungkinkan respons yang cepat dari pihak yang diadukan. Indosat, sebagai perusahaan penyedia layanan telekomunikasi dan jaringan, menawarkan opsi prabayar dan pascabayar dengan memiliki hak dagang IM3 Ooredoo. Tujuan penelitian adalah mengidentifikasi persepsi masyarakat terhadap brand Indosat berupa komentar positif, maupun negatif dengan menggunakan metode Naïve Bayes Classifier (NBC) sehingga membantu perusahaan mengetahui karakateristik pelanggan, persepsi kualitas operator Indosat, serta tingkat kepuasan pelanggan untuk meningkatkan strategi marketing yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier (NBC) sebagai metode klasifikasi dan metode CRISP-DM sebagai tahapan penerapan sebuah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna twitter banyak memberikan “sentimen positif”. Hasil pengolahan 100 data tweet’s yang terdiri dari 500 review positif dan 500 review negatif mendapatkan nilai accuracy 83,91%+/-3.86% dan micro average 83.90 %.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-22