PERANCANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGENALAN ALAT PERNAPASAN MANUSIA DENGAN PENERAPAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR

  • Desy Arysanti Ndapa Huda Teknik Informatika, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Fajar Hariadi Teknik Informatika, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
  • Trisari Dewi N. B. Mira Teknik Informatika, Universitas Kristen Wira Wacana Sumba
Keywords: Media Pembelaj aran, Augmented Reality, Multimedia Development Life Cycle

Abstract

Pendidikan adalah suatu proses atau upaya yang dilakukan untuk mentransfer pengetahuan, keterampilan, nilai-nilai, dan norma-norma budaya kepada individu. Pendidikan sangat berperan penting dalam membentuk dan mengembangkan potensi seseorang, untuk bisa mempersiapkan kehidupan dan pekerjaan. pendidikan memainkan peran yang sangat penting dalam perkembangan teknologi. Namun, kasus yang ditemukan pada Sekolah Dasar Masehi Payeti 2, guru mengalami kesulitan dalam memberikan materi terkait pengenalan alat pernapasan manusia sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa rendah dibuktikan dengan nilai-nilai tugas dalam tema 2 sub tema 2, diketahui nilai rata-rata 69,62 dengan ketuntasan siswa 62%. Tujuan dari penelitian ini, untuk memberikan solusi dengan menggunakan Augmented reality (AR) agar dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Augmented reality diharapkan dapat menampilkan objek 3D sehingga siswa bisa mempelajari secara langsung.  Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Multimedia Development Life Cycle. Hasil penelitian ini dilihat dari nilai pre-test dan post-test sehingga mendapatkan peningkatan nilai N-gain 74,73 dan tergolong kriteria Tinggi terhadap penggunaan media pembelajaran dengan penerapan Augmented Reality.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-20