PEMANFAATAN TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY (AR) SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PENGENALAN RUMAH IBADAH UMAT BERAGAMA DI INDONESIA

  • Fery Iqbal Fauzy Teknik Informatika, Universitas Perjuangan
  • Yusuf Sumaryana Teknik Informatika, Universitas Perjuangan
  • Aso Sudiarjo Teknik Informatika, Universitas Perjuangan
Keywords: Augmented Reality, Rumah Ibadah, MDLC, Keberagaman, UML, One Group Pretest-Postest

Abstract

Indonesia sebagai negara yang luas dan majemuk, memperlihatkan keragaman dalam banyak aspek seperti suku, agama, ras, etnis, dan tradisi. Berhubungan dengan agama maka tidak lepas juga dari tempat ibadah yang menunjang bagi umat beragama untuk menyembah Tuhan mereka. SD Negeri Manggungjaya 4 merupakan salah satu sekolah Negeri yang telah berdiri sejak tahun 1969 di Kecamatan Rajapolah. Salah satu materi pada mata pelajaran yang terdapat di sekolah dasar adalah materi keberagaman pada mata  pelajaran PPKN mengenai rumah ibadah namun dalam proses pembelajarannya masih kurang efektif. Perkembangan teknologi dapat dimanfaatkan untuk membantu permasalahan yang timbul, salah satunya dengan memanfaaatkan smartphone yang kemudian didukung dengan pemanfaatan teknologi Augmented Reality. Pembelajaran dan pengenalan tentang rumah ibadah perlu disajikan secara interaktif, sehingga bisa mendorong serta meningkatkan motivasi belajar siswa dalam mempelajari materi salah satunya mengenai rumah ibadah. Metode yang digunakan adalah metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality (AR) berupa Marker Based Tracking. Aplikasi Augmented Reality yang diterapkan sebagai alat bantu belajar mendapatkan N-gain score 57,39% dan termasuk dalam kategori “Cukup Efektif” dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKN.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-23