MANAJEMEN KOMUNIKASI PROYEK : KOMUNIKASI DAN KOMPETENSI ANTARA ANALIS DAN KLIEN TERHADAP KEBERHASILAN PROYEK

  • Susanti Kurmilasari Teknik Informatika, Universitas Palangka Raya
  • Amelda Malia Hermawan Teknik Informatika, Universitas Palangka Raya
Keywords: Manajemen komunikasi proyek, kompetensi analis, keterlibatan klien, keberhasilan proyek, teknologi informasi

Abstract

          Keberhasilan proyek sangat bergantung pada komunikasi dan keahlian yang efektif antara analis dan klien. Artikel ini mengkaji bagaimana komunikasi dan keterampilan analis dan klien mempengaruhi keberhasilan proyek, khususnya dalam konteks proyek teknologi informasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan dimana data sepuluh tahun terakhir dikumpulkan dan dianalisis dari berbagai sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi yang efektif dapat mencegah kesalahpahaman, memastikan semua pihak mempunyai pemahaman yang sama mengenai tujuan proyek dan mempercepat penyelesaian masalah. Selain itu, penguasaan keterampilan analis baik teknis maupun non-teknis sangat penting untuk memahami kebutuhan pelanggan dan memberikan solusi yang tepat. Keterampilan teknis, seperti penggunaan alat analisis dan pemahaman bisnis, serta keterampilan non-teknis, seperti komunikasi interpersonal dan pemecahan masalah, berperan penting dalam meningkatkan kualitas hasil proyek. Partisipasi aktif klien dalam proyek juga ditemukan meningkatkan kepuasan mereka terhadap hasil akhir dan mendukung implementasi proyek yang lebih efisien. Singkatnya, dapat dikatakan bahwa manajemen komunikasi yang baik, pengembangan keterampilan analitis dan partisipasi pelanggan yang konstan merupakan faktor kunci keberhasilan proyek. Studi ini menawarkan rekomendasi praktis bagi para profesional dan analis manajemen proyek untuk meningkatkan komunikasi dan keahlian dalam proyek.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-06-23