Analisa Pengaruh Manuver Dan Kecepatan Pada Pesawat Tanpa Awak Tipe Fixed Wing Dengan Variasi Airfoil Berbasis Ardupilot

  • M. I. T. Hidayath Institut Teknologi Nasional Malang
  • M. F. A. Wicaksono Institut Teknologi Nasional Malang
  • Gerald Adityo Pohan Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Pesawat tanpa awak, Airfoil, Ardupilot, Manuver, Kecepatan

Abstract

Pesawat tanpa awak atau sering disebut UAV (Unmanned Aerial Vihicle) merupakan jenis pesawat terbang yang dikendalikan dengan kendali jarak jauh melalui gelombang radio dengan mode manual (stabilize) maupun dengan mode autopilot dengan tambahan hardware flight controller. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh manuver pesawat tanpa awak menggunakan batasan sudut 90o dari titik waypoint serta untuk mengetahui pengaruh kecepatan pesawat tanpa awak. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimental menggunakan variasi airfoil NACA 2412, NACA 4412, dan NACA 6412. Data dari hasil penelitian didapat dengan menggunakan software Ardupilot, dimana pada software tersebut menghasilkan suatu data manuver dan kecepatan untuk setiap airfoil. Hasil pembahasan menunjukan bahwa pengujian manuver menggunakan mode autopilot dengan variasi airfoil tidak terlalu signifikan pada jalur yang telah dibuat oleh pesawat tanpa awak dan untuk pitch serta roll didapat nilai terbaik oleh variasi airfoil 6412 dengan nilai pitch min -0,54 rad, pitch max 0,38 rad. Untuk nilai roll min -1,35 rad, roll max 2,56 rad. Kemudian untuk pengujian kecepatan maksimum menggunakan mode stabilize (manual) dikendalikan langsung oleh transmitter data dengan hasil nilai rata-rata pengujian airfoil 2412 sama dengan airfoil 4412 sebesar 103,2 km/h dan airfoil 6412 dengan kecepatan sebesar atau 115,2 km/h. Dari hasil kesimpulan menyatakan bahwa manuver terbaik adalah pada airfoil 6412 ditinjau dari grafik pitch dan roll yang didapat, dan kecepatan tertinggi pada airfoil 6412 dengan kecepatan rata-rata yaitu 116,4 km/h.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-03-31
Section
Articles