Pengaruh Variasi Waktu Penyemprotan Pasir Besi Pada Proses Sandblasting Terhadap Sifat Kekerasan dan Kekasaran Permukaan Baja ST 37 Menggunakan Metode Taguchi

  • Abdul Hanif Akbar Program Studi Teknik Mesin S1 Institut Teknologi Nasional Malang
  • Febi Rahmadianto Program Studi Teknik Mesin S1 Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Waktu, Metode Taguchi, Kekerasan, Kekasaran Permukaan, Sandblasting

Abstract

Saat ini yang bergerak di bidang industri manufaktur pasti membutuhkan proses finishing guna untuk mendapatkan hasil yang maksimal dalam pembuatan produk. Dalam proses ini membutuhkan peralatan yang mampu untuk memenuhi kebutuhan utama yaitu proses sandblating. Pemilihan mesin dan alat yang sesuai dapat membantu kemudahan kecepatan dalam pengerjaan. Berhubungan dengan hal tersebut proses sandblasting sangat sesuai karena proses ini dapat mengerjakan benda kerja dengan ukuran yang besar dan rumit, seperti chasis, bagian dinding kapal, pesawat, mobil lama akan menjadi mudah dan cepat.

Proses sandblasting ini dilakukan untuk mencari nilai optimum variabel yang digunakan yaitu waktu sandblasting 30 detik, 60 detik, dan 90 detik dengan tekanan kompresor  6, 7 dan 8 bar dan jarak 6 cm, 8 cm dan 10 cm pada material baja ST 37 yang memiliki ukuran Panjang 2 cm, lebar 2 cm dan tebal 1 mm. Nilai-nilai kekerasan dan kekasaran permukaan yang diinginkan yaitu nilai optimumnya dengan menggunakan aplikasi MINI TAB metode taguchi.

Hasil yang dilakukan penelitian ini, menunjukkan bahwa nilai optimum dari kekerasan dan kekasaran permukaan terdapat pada waktu 90 detik, tekanan 6 bar dan jarak 10 cm yang menghasilkan nilai kekerasan yaitu 33,7 Hbw dan Pada kekasaran pada waktu 60 detik, tekanan 8 bar dan jarak 10 cm yang menghasilkan nilai kekasaran yaitu 1,65 µm.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-31
Section
Articles