Pengaruh Pipa Galvanis Dan Catalytic Conventer Tembaga Terhadap Emisi Gas Karbonmonoksida Dan Hidrokarbon

  • I Made Dharma Setiawan Setiawan Program Studi Teknik Mesin S1 Institut Teknologi Nasional Malang
  • Sibut Program Studi Teknik Mesin S1 Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Catalytic Converter Uji Emisi Kadar CO dan HC

Abstract

Kendaraan bermotor yang digunakan dapat mengeluarkan berbagai polutan seperti nitrogen oksida (NOx), karbonmonoksida (CO), timbal (Pb), dan hidrokarbon (HC). Salah satu cara yang mampu mengurangi emisi gas buang ialah dengan memasang catalytic converter pada pipa knalpot kendaraan bermotor. Catalytic converter memiliki fungsi terjadinya percepatan oksidasi emisi gas (HC) dan (CO). Penelitian ini bertujuan gunamendapatkan informasi tentang pengaruh pipa galvanis dan catalytic converter tembaga tentang kadar emisi gas karbonmonoksida dan hidrokarbon. Penelitian ini dilakukan di UPT PKB Dinas Perhubungan Kabupaten Malang. Variabel penetilitianya adalah knalpot standar, knalpot dengan penambahan pipa galvanis dan 10 plat katalis tembaga dan knalpot dengan penambahan pipa galvanis dan 15 plat katalis tembaga. Pengujian emisi gas buang didasarkan pada standar (Standar Nasional Indonesia 19-7118.3-2005). Penelitian ini menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil pengujian emisi menunjukan penurunan yang signifikan, dengan penurunan persentase CO sebesar 51% pada putaran 4000 rpmmenggunakan 15 plat katalis, dan penurunan persentase HC sebesar 36% pada putaran 4000 rpm menggunakan 15 plat katalis. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan material pipa galvanis dan plat tembaga yang ditempatkan pada pipa saluran gas buang, mampu mereduksi kadar emisi CO maksimal sebesar 51 % dan kadar HC maksimal sebesar 36%. apabila dibandingkan dengan mengunakan knalpot standar

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-03-31
Section
Articles