Pengaruh Campuran Gas Nitrogen Dan Freon R134a Terhadap Kinerja Mesin Pendingin
Abstract
Refrigerant adalah suatu zat atau komposisi kimia yang secara bergantian dikompresi dan dikondensasi menjadi cairan yang kemudian diekspansikan menjadi uap atau gas saat dipompa melewati sistem pendingin. Refrigerant alternatif diperlukan untuk menggantikan zat pendingin yang sepenuhnya terhalogenasi yang diyakini berkontribusi terhadap penipisan ozon di atmosfer. Dalam dekade terakhir, banyak penelitian dan pengembangan studi tentang sintesis dan karakterisasi pendingin alternatif dilakukan. Penggantian Ozone Depleting Substance (ODS) yang terbatas dengan alternatif apapun dapat melibatkan perubahan besar dalam desain berbagai komponen seperti isolasi, pelumas, penukar panas, dan motor. Tujuan penelitian ini adalah meneliti pengaruh, efisiensi energi, serta laju pendinginan campuran nitrogen pada freon R134a terhadap kinerja mesin pendingin. Penelitian ini menggunakan metode percobaan pada alat pendingin secara langsung dan penelitian kepustakaan. Adapun data yang didapatkan dari percobaan pada mesin pendingin ini, kemudian diolah untuk mengetahui nilai-nilai yang diinginkan. Landasan teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori massa jenis, koefisien konveksi termal, COP, dan Energy efficiency ratio. Berdasarkan hasil percobaan dan pengolahan data, dapat disimpulkan nilai massa jenis selalu mengalami penurunan pada setiap rasio campuran. Begitu juga nilai Energy efficiency ratio pada setiap campuran. Hasil ini dapat mempengaruhi daya yang bekerja pada kompresor sehingga kinerja kompresor makin ringan dan tidak menggunakan banyak daya.