Upaya Meningkatkan Penjualan Minyak Kayu Putih Ruu Dengan Metode Marketing Mix, Berdasarkan Analisis SWOT Dan STP Di Wasur Kabupaten Merauke

Main Article Content

Muhamad Ibnu Baha Udin
Dhayal Gustopo
Ellysa Nursanti

Abstract

Kelompok penyuling kayu putih merupakan salah satu UKM yang terletak di daerah Wasur kabupaten
Merauke dan memproduksi minyak kayu putih jenis Astromyrthus sympiocarpa yang diberi nama Ruu.
Hasil produksi minyak kayu putih Ruu dipasarkan sekitar kampung Wasur dan belum diserap pasar
secara maksimum. Tujuan penelitian untuk dapat memetakan posisi UKM minyak kayu putih Ruu dan
pasar sasaran yang nantinya dapat meningkatkan penjualan. Hasil penelitian analisis SWOT
menunjukan bahwa Ruu berada pada posisi Diversifikasi. Selanjutnya untuk analisis STP
(Segmentation, Targeting, dan Positioning) menghasilkan targetinguntuk minyak kayu putih Ruu yaitu
jenis kelamin perempuan, kisaran usia antara 17-22 tahun dan memiliki pekerjaan sebagai pelajar/
mahasiswa yang berada pada daerah wilayah kabupaten Merauke. Sedangkan untuk positioning produk
Ruu berada diposisi market follower. Pada analisis marketing mix4P ini produk tetap menjaga kualitas
dan pengemasan menggunakan botol plastik, sehingga Ruu dapat mengikuti harga pesaing sesuai
ukuran botol, memberikan potongan harga dan pemberian komisi bagi agen perantara yang memasarkan
produk Ruu. Maka untuk distribusi mengadakan kerjasama dengan agen perantara yang dapat
mengantarkan produk Ruu dengan cepat dan tepat waktu serta promosi dapat dilakukan melalui media
sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
Muhamad Ibnu Baha Udin, GustopoD., & NursantiE. (2019). Upaya Meningkatkan Penjualan Minyak Kayu Putih Ruu Dengan Metode Marketing Mix, Berdasarkan Analisis SWOT Dan STP Di Wasur Kabupaten Merauke. JURNAL TEKNOLOGI DAN MANAJEMEN INDUSTRI, 5(1), 15-20. https://doi.org/10.36040/jtmi.v5i1.257
Section
Articles