Penentuan Bobot Kriteria Pemilihan Alternatif Online-Shop dalam Memasarkan Produk Kosmetik dengan Menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP)

Main Article Content

Ruri Artanti Prahastuti
Julianus Hutabarat
Dimas Indra Laksmana

Abstract

Kriteria pemilihan suatu alternatif menjadi suatu hal yang penting dalam membuat keputusan, tidak kecuali dalam pemilihan alternatif online-shop, kriteria merupakan alat ukur untuk pemilihan alternatif, yang menjadi persoalan bagaimana untuk membangkitkan kriteria yang baik dalam membuat keputusan. Tujuan dari penelitian ini adalah bagaimana membangkitkan kriteria yang akan dijadikan sebagai alat ukur untuk memutuskan pemilihan alternatif online-shop. Untuk mencapai tujuan tersebut makan langkah-lang yang dilakukan meliputi pertama menentuan populasi dan sample responden dalam hal ini adalah toko-toko konvensional yang berjualan produk kosmetik, berada di Kecamatan Singosari-Malang-Jawa Timur-Indonesia sejumlah 300 toko, kedua membuat kuesioner selanjutnya disebarkan kepada responden sesuai jumlah sample yang telah dihitung dalam hal ini menggunakan rumus Bernoulli, ketiga membuat kuesioner untuk mendapatkan data penilaian berpasangan antar kriteria dengan skala 1-9, selanjunya data diolah dengan menggunakan metoda Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil dari penelitian ini diperoleh 5 jenis kriteria yaitu kriteria 1: Biaya Promosi diToko online-shop terjangkau, kriteria 2: Sikap Admin online-shop dalam menjalin relationship dengan para penjual, kriteria 3: Tampilan Web jelas dan dapat dimengerti, krioteria 4: Banyak subsidi Ongkos Kirim, Kriteria 5: banyak menyediakan Voucher Discount, dengan besarnya bobot kriteria masing-masing kriteria 1: 0,291, kriteria 2: 0,205, kriteria 3:0,256, kriteria 4: 0,125 dan kriteria 5: 0,122. Kesimpulan bobot kriteria yang paling diperlukan dan paling menjadi perhatian adalah kriteria Biaya Promosi di Toko online-shop terjangkau.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

How to Cite
PrahastutiR. A., HutabaratJ., & LaksmanaD. I. (2021). Penentuan Bobot Kriteria Pemilihan Alternatif Online-Shop dalam Memasarkan Produk Kosmetik dengan Menggunakan Analytical Hierarchy Process (AHP). JURNAL TEKNOLOGI DAN MANAJEMEN INDUSTRI, 6(2), 30-35. https://doi.org/10.36040/jtmi.v6i2.3186
Section
Articles