Analisis Risiko e-Marketing untuk Industri Kecil dan Menengah
Main Article Content
Abstract
Kelompok pengrajin kerudung sulam bordir Bhakti Collection merupakan unit usaha mikro,
termasuk dalam industri kecil dan menengah (IKM) yang dalam kegiatan penjualannya
menggunakan metode penjualan tradisional, mengirimkan contoh produk ke industri usaha garment
moslem, selanjutnya disepakati pemesanan dan barang akan diproduksi sesuai pesanan. Untuk
meningkatkan penjualannya, unit usaha ini mencoba mengembangkannya melalui online marketing.
Namun ternyata, unit usaha ini menemui kendala. Produk-produk unggulannya dijiplak oleh pihak
yang tidak bertanggungjawab dan dibuat dalam jumlah masal dengan kualitas rendah dan
dipasarkan. Kondisi ini sangat merugikan Bhakti Collection. Keadaan ini memotivasi tim penulis
untuk membantu memberikan solusi melalui pendekatan metode analisis risiko e-Marketing dan
memberikan usulan solusi pemasaran dan penjualan yang sesuai. Pertimbangan analisa kelayakan
sederhana juga dilakukan untuk memilihkan alternatif solusi terbaik yang dapat memitigasi risiko
yang ada sekaligus meningkatkan penjualan bagi unit usaha tersebut.