RANCANG BANGUN SISTEM MONITORING SUHU, KADAR KEASAMAN DAN KEKERUHAN AIR PADA BUDIDAYA IKAN GURAME DENGAN MEDIA KOLAM TANAH BERBASIS IoT

  • Bagas Septiyan Zainur Rohman Teknik Elektro, Institut Teknologi Nasional, Malang
  • Aryuanto Soetedjo Teknik Elektro, Institut Teknologi Nasional, Malang
  • Michael Ardita Teknik Elektro, Institut Teknologi Nasional, Malang
Keywords: Ikan gurame, monitoring, IoT, Blynk

Abstract

Ikan gurame adalah jenis ikan air tawar yang dimakan, lebar, bentuk tubuh rata, punggung coklat-merah, perut kekuningan perak-perak. Ikan ini merupakan salah satuA produk perikanan air tawar yang cukup penting jika dilihat dari permintaan yang cukup tinggi dan harga yang relative tinggi dibandingkan dengan ikan air tawar lainnya.

Tujuan dari penelitian ini bertujuan guna memudahkan para peternak ikan gurame dengan media kolam tanah untuk mengetahui kualitas air, dalam hal ini monitoring suhu, kekeruhan, dan kadar keasaman air. Nantinya dapat diakses melalui smartphone dan juga melalui LCD yang ada dilapangan. Dengan begitu para pternaki diharapkan mendapat kualitas ikan yang lebih baik dari sebelumnya.

Dalam perancangan sistem menggunakan Arduino uno sebagai kontroler, sensor DS18B20 mendeteksi suhu, sensor pH-4502c mendeteksi keasaman air, dan sensor turdibity mendeteksi kekeruhan air kolam ikan gurame. Data dari ketiga sensor tersebut nantinya akan ditampilkan pada LCD dan platform IoT yaitu Blynk.

Dari hasil uji coba di lapangan alat sudah berjalan dengan baik, data sensor yang tampil pada LCD dan Blynk sudah sesuai dengan range parameter yang tercantum.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-18