PERANCANGAN DAN PEMBUATAN PENGAMAN SEPEDA MOTOR MENGGUNAKAN KOMUNIKASI BLUETOOTH SMARTPHONE

  • Ebenheizer Baok Teknik Elektro ITN Malang
  • Sotyohadi Teknik Elektro ITN Malang
  • F. Yudi Limpraptono Teknik Elektro ITN Malang
Keywords: Keamanan, Smartphone, Bluetooth, Microcontroller, Elektronika.

Abstract

Aspek keamanan saat ini dan dimasa yang akan mendatang sangat dibutuhkan dalam berbagai bidang kehidupan saat ini. Faktor privasi juga turut mempengaruhi akan pentingnya suatu sistem kemanan. Salah satu aplikasi sistem keamanan adalah untuk pengaman Sepeda Motor. Kelebihan sistem keamanan yang berbasiskan elektronika dibanding sistem kemanan konvensional seperti kunci Kontak adalah kemampuan beroperasi terus menerus dan dapat secara otomatis terhubung dengan Perangkat lain.

Sistem keamanan ini dibuat agar bisa mengamankan Sepeda Motor dengan efisien dan dikontrol menggunakan Smartpone. Mikrokontroler merupakan otak dari pengendali rancang bangun alat ini, mikrokontroler akan mengolah perintah yang dideteksi oleh Bluetooth HC – 06 hingga memberikan perintah pada Relay.

Langkah – langkah proses pembuatan ini meliputi, Perangkat Keras dan Perangkat Lunak. Dari hasil pengujian alat yang telah dilakukan, keseluruhan sistem dapat berjalan dengan baik sesuai dengan masukan yang diterima yaitu jarak yang dapat dijangkau oleh Bluetooth HC – 06 adalah 10 meter.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-23