RANCANG BANGUN METODE TANAM AEROPONIK DENGAN PENGABUTAN MIST MAKER DAN LED GROW LIGHT

  • Batubara Mochammad Iqbal Teknik Elektro ITN Malang
  • Sotyohadi Teknik Elektro ITN Malang
  • M. Ibrahim Ashari Teknik Elektro ITN Malang
Keywords: Sensor ph air, Mist maker, RTC, LCD

Abstract

Pertanian merupakan salah satu unsur penting untuk memenuhi kebutuhan pangan serta menjadi sorotan khususnya di Negara Indonesia yang berstatus sebagai Negara berkembang. Untuk menyikapi hal tersebut maka dari teknologi pertanian pun telah melakukan pengembangan, pembudidayaan tanaman tanpa menggunakan tanah dan dengan tempat yang tidak luas sebagai media tanam dengan Teknologi aeroponik.

Aeroponik ialah air yang berisi larutan hara disemburkan dalam bentuk kabut hingga mengenai akar tanaman disini saya menggunakan sensor ph air, mist maker, RTC dan LCD untuk memudahkan penggunaan. Sistem aeroponik dengan metode pengakabutan ini dilatar belakangi oleh masyarakat yang ingin bercocok tanam tetapi tidak mempunyai lahan yang luas(terbatas) dan juga mudah dalam melakukan perawatan tanaman.

Hasil percobaan aeroponik menggunakan mist maker untuk pertumbuhan sayuran aeroponik memiliki ke unggulan dari segi penggunaan air lebih efisien, penggunaan unsur hara  lebih lebih sedikit dan tanaman lebih mudah menyerap nutrisi karena molekul air lebih kecil. Dibandingkan dengan menggunakan metode tanam penyemprot (sprinkler).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-23