Design Sistem Pengendalian Kecepatan Dan Pengereman Pada Kursi Roda Elektrik Untuk Kondisi Jalanan Menurun Dan Menanjak

  • Mohammad Syafa' Karim Amrulloh Program Studi Teknik Elektro S-1, ITN Malang
  • I Komang Somawirata Teknik Elektro, Institut Teknologi Nasional, Malang
  • M. Ibrahim Ashari Teknik Elektro, Institut Teknologi Nasional, Malang

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi kursi roda elektrik yang mampu naik turun tanjakan dengan kecepatan konstan. Kursi roda telah dimodifikasi dengan penambahan motor listrik DC sebagai sumber tenaga utama, sehingga pasien berkebutuhan khusus dapat mengendalikan kursinya sendiri tanpa bantuan orang lain. Inovasi ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kemandirian pengguna, mengatasi kendala akibat gangguan saraf motorik pada kaki dan mengurangi ketergantungan pada bantuan luar.

Sebagai bagian dari penelitian ini, diterapkan pengatur kecepatan dan sistem pengereman elektrik untuk kursi roda untuk mengatasi berbagai jenis medan, termasuk tanjakan dan lereng. Sensor rotary encoder digunakan sebagai mekanisme umpan balik untuk mengontrol daya motor. Motornya sendiri dioperasikan menggunakan modulasi lebar pulsa (PWM). Mikrokontroler yang digunakan adalah Arduino Uno R3, berperan sebagai pusat pengolahan data dan mengintegrasikan sensor rotary encoder sebagai mekanisme umpan balik untuk mengendalikan motor

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-05-18
How to Cite
Mohammad Syafa’ Karim Amrulloh, Somawirata, I. K., & Ashari, M. I. (2024). Design Sistem Pengendalian Kecepatan Dan Pengereman Pada Kursi Roda Elektrik Untuk Kondisi Jalanan Menurun Dan Menanjak. Magnetika: Jurnal Mahasiswa Teknik Elektro, 8(1), 348-359. Retrieved from https://ejournal.itn.ac.id/index.php/magnetika/article/view/8750