ANALISA KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI CBT DI UNIVERSITAS ISLAM MADURA MENGGUNAKAN METODE PIECES

  • Hozairi Hozairi Universitas Islam madura
  • Muhsi Muhsi Universitas Islam madura
  • Anis Fitra Universitas Islam madura

Abstract

Saat ini dibeberapa instansi Pendidikan sudah banyak menggunakan aplikasi CBT sebagai metode tes online untuk meningkatkan fleksibilitas dan efisiensi dalam lingkungan pendidikan,salah satunya di universitas islam madura.Namun hingga kini  tidak ada penelitian yang secara khusus mengevaluasi tingkat kepuasan pengguna aplikasi CBT tersebut.Yang mana kepuasan pengguna merupakan kunci keberhasilan penggunaan teknologi.Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi tingkat kepuasan pengguna dari aplikasi CBT yang ada di Fakultas teknik, dengan harapan dapat membantu dalam pengembangan aplikasi tersebuts.Dalam penelitian ini,maka metode PIECES digunakan untuk menganallisa kepuasan pengguna aplikasi CBT. Penggunaan PIECES Framework untuk memberikan wawasan yang lebih holistik dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti kinerja sistem,informasi,ekonomi,kontrol,efisiensi dan servis.Pada penelitian ini menggunakan 34 orang untuk menguji aplikasi CBT dengan hasil perhitungan jumlah rata-rata tingkat kepuasan pengguna Aplikasi CBT sebanyak 4,38.Yang masuk pada kategori Sangat Puas menurut karakteristik tingkat kepuasan PIECES Framework,yang dibangun menggunakan model Kaplan dan Norton.Hasilnya menunjukkan bahwa aplikasi CBT memiliki fungsi yang efektif dan bermanfaat sehingga penggunanya sangat puas,sehingga menunjukkan sistem telah memenuhi harapan pengguna dengan baik. Meskipun demikian, masih ada ruang untuk peningkatan seperti pemantauan performa secara berkelanjutan, pembaruan informasi berkala, optimalisasi biaya, dan peningkatan pelatihan dan dukungan pengguna.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-09-01
How to Cite
Hozairi, H., Muhsi, M. and Fitra, A. (2024) “ANALISA KEPUASAN PENGGUNA APLIKASI CBT DI UNIVERSITAS ISLAM MADURA MENGGUNAKAN METODE PIECES”, Jurnal Mnemonic, 7(2), pp. 226-233. doi: 10.36040/mnemonic.v7i2.10145.