PENGEMBANGAN E-KAMUS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI BERBASIS CHATBOT WEBSITE ALGORITMA COSINE SIMILARITY BAGI SISWA SMKN 3 JOMBANG

  • Mochamad Habibie Dwi Prasetyo Universitas Trunojoyo Madura
  • Laili Cahyani Universitas Trunojoyo Madura

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah kebutuhan akan media pembelajaran yang interaktif dan efektif, sejalan dengan Kurikulum Merdeka Belajar, karena siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi teknologi informasi dan komunikasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE, yang meliputi analisis kebutuhan, desain blueprint, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. E-kamus ini diuji pada server localhost dan hosting PHP.ID, serta divalidasi oleh dua validator media dengan hasil persentase 88% untuk validator pertama dan 98% untuk validator kedua. Selain itu, penilaian kesesuaian konten materi dilakukan oleh validator materi yang menghasilkan persentase 93%. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 28 siswa, dan pengukuran dilakukan berdasarkan tiga aspek: efektivitas, efisiensi, dan daya tarik. Hasil pengujian menunjukkan skor 92% untuk uji coba perorangan dengan 2 siswa, 90% untuk uji coba kelompok kecil dengan 6 siswa, dan 86% untuk uji coba kelompok besar dengan 28 siswa. Secara keseluruhan, e-kamus ini dinilai sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran, memenuhi kriteria efektivitas, efisiensi, dan daya tarik, serta memberikan pengalaman belajar yang positif bagi pengguna

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-09-24
How to Cite
Habibie Dwi Prasetyo, M. and Cahyani, L. (2024) “PENGEMBANGAN E-KAMUS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI BERBASIS CHATBOT WEBSITE ALGORITMA COSINE SIMILARITY BAGI SISWA SMKN 3 JOMBANG”, Jurnal Mnemonic, 7(2), pp. 273-279. doi: 10.36040/mnemonic.v7i2.10894.