SISTEM SECURITY JARINGAN ETHERNET PADA PROTOTYPE STASIUN KERETA API YANG TERINTEGRASI DENGAN INTERLOCKING

  • Bahar Budi Pratama Teknologi Elektro Perkeretaapian, Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
  • Dedik Tri Istiantara Manajemen Teknologi Perkeretaapian, Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
  • Bambang Gunari Teknologi Elektro Perkeretaapian, Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
  • Teguh Arifianto Teknologi Elektro Perkeretaapian, Politeknik Perkeretaapian Indonesia Madiun
Keywords: perjalanan kereta api, telnet, SHA256, whitelist

Abstract

Pada saat ini, pembangunan berkembang lebih cepat khususnya pada bidang transportasi salah satunya perkeretaapian. Salah satu sektor yang penting dalam pelayanan kereta api adalah sistem persinyalan kereta api. Sistem ini mengatur lalu lintas perjalanan kereta api yang berfungsi untuk memastikan kelancaran perjalanan kereta api dan menghindari terjadinya kecelakaan.

Saat ini kebanyakan meja pelayanan yang digunakan adalah meja pelayanan jenis Local Control Panel. Namun saat ini sudah ada meja pelayanan berbasis komputer yang umum disebut dengan meja pelayanan jenis visual display unit (VDU). Teknologi saat ini telah berkembang cukup pesat dan banyak ditemukan alat-alat inovasi terbaru sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa nanti akan ada pihak yang akan menyalahgunakan hal tersebut. Untuk menangani hal tersebut dibutuhkan pengamanan sistem dari VDU tersebut baik dari data base dan keamanan jaringan yang dipakai.

              Maka dilakukanlah pembuatan sistem security pada VDU yang dapat membantu mengamankan komunkasi VDU yang di implementasikan pada prototype interlocking base compute. Sistem ini dibuat menggunakan metode whitelist, menambahkan ip pada tiap tiap ethernet shield dengan menggunakan telnet dimana ethernet shield sebagai client dan data base sebagai server untuk keamanan tambahan ditambahkanya (secure hash algorithm) SHA 256 pada password untuk tambahan pengamanan komunikasi.

              Dari hasil pengujian terhadap program yang sudah dibuat, dapat diambil kesimpulan bahwa sistem security jaringan ethernet ini dapat membantu mengamankan jaringan komunikasi. Sistem ini hanya dapat digunakan pada prototype interlocking base computer.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-09-14
How to Cite
PratamaB. B., IstiantaraD. T., GunariB. and Arifianto T. (2020) “SISTEM SECURITY JARINGAN ETHERNET PADA PROTOTYPE STASIUN KERETA API YANG TERINTEGRASI DENGAN INTERLOCKING”, Jurnal Mnemonic, 3(2), pp. 30 - 36. doi: 10.36040/mnemonic.v3i2.2819.