ANALISIS ALGORITMA JARINGAN SYARAF TIRUAN DENGAN METODE BACKPROPAGATION DALAM MENDETEKSI KEAHLIAN MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS ISLAM BALITAR

  • Angga Mei Indrawan Teknik Informatika S1 Universitas Islam Balitar
  • Abdi Pandu Kusuma Teknik Informatika S1 Universitas Islam Balitar
Keywords: Metode Backpropogation, keahlian mahasiswa, Jaringan Syaraf Tiruan

Abstract

Jaringan Syaraf Tiruan merupakan sistem yang memproses informasi dengan meniru kinerja dari otak manusia. Salah satu metode dalam Jaringan Syaraf Tiruan  adalah Backpropogation yang dapat memecahkan masalah yang sulit  disimulasikan dengan menggunakan Teknik Analitikan Logika. Tujuan utama dari penelitian ini adalah untuk menganalisis metode Backpropogation dalam mendeteksi keahlian mahasiswa Program Studi Teknik Informatika. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Dengan total dataset yang diambil dari dokumen nilai mahasiswa program studi Teknik informatika sebanyak 126 yang melalui proses normalisasi dan diklasifikasikan menjadi 2 jenis data yakni 120 data training dan 6 data pengujian diperoleh hasil akurasi terbaik sebesar 83,3% dan tingkat error sebesar 0,120 dengan menggunakan pola yang sama yakni 4-9-1. Hasil tersebut akan menjadi lebih baik dengan menambahkan jumlah dataset yang digunakan.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-11-29
How to Cite
IndrawanA. M. and Pandu KusumaA. (2021) “ANALISIS ALGORITMA JARINGAN SYARAF TIRUAN DENGAN METODE BACKPROPAGATION DALAM MENDETEKSI KEAHLIAN MAHASISWA PROGRAM STUDI TEKNIK INFORMATIKA UNIVERSITAS ISLAM BALITAR”, Jurnal Mnemonic, 5(1), pp. 9 - 13. doi: 10.36040/mnemonic.v5i1.4272.