PEMANFAATAN VIDEO EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL MASYARAKAT PADA E-WALLET DI MASA PANDEMI

  • Diva Ardhia Rahmania Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Mochammad Farchan Agil Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Sela Aulia Siswanto Program Studi Teknik Informatika, Jurusan Teknologi Informasi, Politeknik Negeri Malang
  • Arwin Datumaya Wahyudi Sumari Cognitive Artificial Intelligence Research Group (CAIRG), Jurusan Teknik Elektro, Politeknik Negeri Malang

Abstract

E-wallet merupakan aplikasi yang memiliki fungsi sama dengan uang tunai pada umumnya, tetapi digunakan melalui smartphone. Di Indonesia, saat ini sudah banyak generasi yang mulai menggunakan e-wallet sebagai alternatif solusi pembayaran mereka. Dengan adanya beberapa pembatasan pandemi COVID-19, pemanfaatan teknologi terbaru yaitu e-wallet sebagai alternatif pembayaran non-tunai sangat berguna dan lebih efektif untuk masyarakat, sehingga penggunaan e-wallet di Indonesia mengalami perkembangan pesat dalam 5 tahun terakhir. Pada penelitian ini pembahasan difokuskan pada masalah transaksi menggunakan e-wallet sebagai solusi alternatif pembayaran modern dengan tujuan memberikan literasi kepada masyarakat perihal pemanfaatan e-wallet di era pandemi melalui sarana video. Metode penelitian menggunakan angket daring dengan responden sebanyak 50 orang dari usia belasan hingga lebih dari 30-an, dengan profesi murid, mahasiswa, dan pekerja. Data tersebut akan digunakan sebagai landasan terhadap pemberian literasi perihal pemanfaatan e-wallet di era pandemi. Penelitian yang telah dilakukan mendapatkan hasil bahwa penggunaan e-wallet pada era pandemi di kalangan masyarakat sudah sangat populer. Video literasi digital yang dibuat sudah informatif dan dapat juga dilakukan seminar, penyuluhan, pembuatan poster atau pamflet untuk lebih mengedukasi masyarakat tentang pemanfaatan e-wallet baik untuk konsumen maupun penjual.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-08-05
How to Cite
Ardhia RahmaniaD., Farchan AgilM., SiswantoS. A. and Datumaya Wahyudi SumariA. (2022) “PEMANFAATAN VIDEO EDUKASI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI DIGITAL MASYARAKAT PADA E-WALLET DI MASA PANDEMI”, Mnemonic : Jurnal Teknik Informatika, 5(2), pp. 136-144. doi: 10.36040/mnemonic.v5i2.4825.