SISTEM INFORMASI LAYANAN E-KONSELING PSIKOLOGI UNTUK MAHASISWA BERBASIS WEBSITE DENGAN METODE PROTOTYPE

  • Nabilla Nabilla Prodi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Esa Unggul
  • Arief Ichwani Prodi Teknik Informatika, Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Esa Unggul

Abstract

E-konseling Psikologi adalah bentuk kontroversial dari konseling psikologis yang menggunakan teknologi komunikasi jarak jauh untuk memberikan berbagai layanan kesehatan mental. Alasan pentingnya layanan konseling psikologi dalam kampus tujuannya untuk mendukung mahasiswa mencapai kesuksesan akademis, kesehatan psikologis, serta kesejahteraan sosial dan emosional. Dikarenakan adanya kendala dalam membuat janji konseling yaitu belum adanya website sebagai media untuk buat janji dan masih dilakukan secara manual sistem penjadwalan konseling sehingga mahasiswa yang berkepentingan harus datang langsung ke lokasi kampus. Pengisian formulir janji konseling saat ini dilakukan melalui chat aplikasi WhatsApp, hal ini yang banyak memakan waktu serta pengajuannya kurang informatif. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk membangun Sistem Informasi (SI) layanan e-konseling psikologi berbasis website menggunakan bahasa pemograman ReactJS, metode pengembangan sistem dengan model prototype dan tools perancangan menggunaka sistem menggunaka Unifield Modeling Language (UML). Hasil dari penelitian ini yaitu sistem yang dapat memberikan layanan e-konseling secara online mulai dari penjadwalan, proses konseling, dan memberikan rating kepuasan kepada konselor. hal ini sudah berdasarkan hasil pengujian dengan black box dan System Usebility Scale (SUS) bahwa sistem telah sesuai dan dapat diterima dengan baik oleh user untuk digunakan dalam proses janji konseling di Fakultas Psikologi Universitas Esa Unggul

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-09-15
How to Cite
NabillaN. and IchwaniA. (2022) “SISTEM INFORMASI LAYANAN E-KONSELING PSIKOLOGI UNTUK MAHASISWA BERBASIS WEBSITE DENGAN METODE PROTOTYPE”, Jurnal Mnemonic, 5(2), pp. 191-198. doi: 10.36040/mnemonic.v5i2.5244.