PENGARUH PENGATURAN TEMPAT DUDUK TERHADAP EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI PRODI ARSITEKTUR ITN MALANG

Main Article Content

Maria Istiqoma
Tutut Nani Prihatmi

Abstract

Pengaturan tempat duduk merupakan salah satu komponen penting dalam pengelolaan kelas dalam pembelajaran Bahasa Inggris yang diharapkan mampu meningkatkan terjadinya pembelajaran yang efektif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengaturan temp at duduk terhadap efektifitas pembelajaran Bahasa Inggris di Prodi Arsitektur ITN Malang serta model pengaturan tempat duduk yang yang paling efektif untuk pembelajaran Bahasa Inggris. Pendekatan yang digunakan adalah analisis ragam (ANOVA). Data diperoleh dari nilai tes standar dengan sampel 75 orang mahasiswa Arsitektur ITN Malang angkatan 2017 yang mengambil mata kuliah Bahasa Inggris pada semester ganjil 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh penataan tempat duduk dalam meningkatkan nilai test mahasiswa, dan Formasi Corak Tim adalah penataan tempat duduk yang paling efektif.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>