FORMASI “CORAK TIM” DALAM SPEAKING CLASS

Main Article Content

Tutut Nani Prihatmi
Maria Istiqoma

Abstract

Pembelajaran Bahasa Inggris sebagai mata kuliah umum dengan jumlah SKS yang terbatas, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mahasiswa terutama dalam speaking sebagai communicative skill. Tuntutan tersebut mendorong pengajar Bahasa Inggris untuk memaksimalkan pengelolaan kelas dalam pembelajaran Bahasa Inggris khususnya speaking. Sebagai penelitian lanjutan yang sebelumnya menemukan bahwa formasi tempat duduk Corak Tim efektif dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris secara umum di Program Studi Arsitektur, fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui korelasi antara pengaturan tempat duduk formasi Corak Tim terhadap efektifitas pembelajaran Speaking di Program Studi Arsitektur ITN Malang dan faktor-faktor yang mempengaruhi korelasi tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan metode True-Experimental Design. Penelitian ini dilaksanakan di ITN Malang pada semester ganjil 2018/2019. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Arsitektur ITN Malang angkatan 2018 yang mengambil mata kuliah Bahasa Inggris pada semester ganjil 2018/2019 yang akan diambil 90 sampel dengan sistem Random Cluster Sampling (sampel acak). Instrumen yang digunakan adalah wawancara, hasil pre-test dan post-test pada kelas Speaking yang dianalisis menggunakan Uji statistika non parametrik Mann Whitney U test dengan bantuan software SPSS for Windows version 24.

Downloads

Download data is not yet available.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>