DESAIN PERPUSTAKAAN MULTIFUNGSI SEBAGAI SARANA LITERASI DAN BERMAIN ANAK
Main Article Content
Abstract
Membaca menjadi salah satu parameter kemajuan suatu bangsa. Bangsa yang maju memiliki tingkat budaya membaca yang lebih tinggi. Akan tetapi, minat baca di Indonesia masih sangat kurang. Berdasarkan data UNESCO (2018) tentang minat baca di Indonesia berada diurutan kedua terendah yaitu dari 1.000 masyarakat Indonesia hanya satu orang yang rajin membaca buku. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya membaca, diperlukan kebiasaan membaca dimulai sejak dini. Kegiatan membaca dapat dilakukan di rumah, di sekolah, di perpustakaan, atau fasilitas membaca yang disediakan. Tempat membaca yang atraktif diharapkan mampu mendorong anak untuk menyukai aktivitas membaca. Oleh sebab itu diperlukan tempat membaca yang bisa digunakan anak, sebagai ruang membaca sekaligus bermain, supaya kegiatan membaca menjadi lebih menarik dan menyenangkan. Perpustakaan multifungsi merupakan solusi untuk meningkatkan minat baca, khususnya pada anak, karena dapat menambah edukasi dan sebagai tempat bermain anak. Tujuan penelitian yaitu merancang perpustakaan multifungsi di jalan alun-alun Utara Blora sebagai sarana literasi dan bermain anak, serta untuk meningkatkan aspek kognitif, psikomotorik dan afektik pada anak. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif untuk merumuskan konsep perpustakaan multifungsi yang mampu mewadahi aspek psikomotorik, kognitif dan afektif pada anak.