RESORT DI PANTAI METIAUT DILI TEMA: ARSITEKTUR TRADISONAL

  • Adilson Ximenes Belo
  • Lalu Mulyadi
  • Putri Herlia Pramitasari
Keywords: Resort, Tradisional Timor Leste, Wisata Pantai

Abstract

Resort di Kawasan wisata pantai Metiaut Dili dengan tema arsitektur tradisional Timor-Leste adalah bangunan komersial yang mewadahi kegiatan pengunjun wisata yang tepatnya di taman patung Yesus Kristus dengan fasilitas hotel resort bintang tiga dan pontensi alam yang ada, dengan desain arsitektur tradisonal Timor-Leste dengan penataan fungsi yang sedemikian rupa mengunakan konsep kosmologi bangunan tradisonal Timor-Leste untuk tetap menjaga kearifan lokal budaya Timor-Leste. Latar belakang didirikan hotel resort ini dikarenakan perkembangan parawisata yang begitu cepat di Timor-Leste terutama  di Dili dalam beberapa tahun belakangan ini  yang menimbulkan permasalahan  kurangnya hotel wisata yang perlu di atasi.

Penyebarnya informasi beserta masalah-masalah yang bersifat universal yang begitu cepat melalui media social dapat dimanfaatkan untuk memperluas informasi mengenai keberadaan hotel resort tersebut. Dengan adanya hotel resort di kawasan wisata pantai Metiaut di harapkan menjadi sebuah pemasukan yang besar bagi daerah setempat dengan membuka lapangan kerja bagi masyarakat yang di sekitar kota Dili dan juga menjadi motivator  bagi perkembangan industry parawisata di Timor-Leste. Konteks ini mengarah ke bidang bisnis bangunan komersial. Ditambah dengan pontensi alam pantai, semakin ramainya kegiatan wisatawan dan merupakan daerah parawista besar setiap tahunnya. 

Kurangnya fasilitas hotel wisata yang bisa mewadahi kegiatan pengunjung di wisata taman pantung Yesus kristus ini, maka dengan adanya potensi-potensi tersebut akan sangat tepat dibangunnya sebuah hotel resort di Kawasan wisata pantai Metiaut Dili dengan harapan kedepannya dapat mengatasi permasalahan yang ada. 

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-12-10