LEMBAGA PEMBINAAN KHUSUS ANAK (LPKA) KELAS I DI BLITAR TEMA: ARSITEKTUR PERILAKU

  • Amalita Saputri
  • Adhi Widyarthara
  • Ghoustanjiwani Adi Putra
Keywords: LPKA, Perilaku, Lingkungan, Anak

Abstract

Tingkat kenakalan anak-anak dibawah umur di Jawa Timur dari tahun ke tahun semakin meningkat. Peningkatan tersebut dikarenakan pola hidup keseharian dan tekanan sosial, karena tuntutan hidup mereka melakukan tindakan kriminal. Anak yang telah melakukan tindak kriminal lebih tepat disebut sebagai anak yang bermasalah dengan hukum. Mereka ditempatkan pada Lembaga Pembinaan Khusus Anak yang pada umumnya penanganannya hanya memberikan efek jera, serta tidak ada penanganan khusus sehingga hak-haknya untuk tumbuh dan berkembang kurang diperhatikan. Berdasarkan hal tersebut perlu adanya suatu perubahan dari berbagai bidang, salah satunya dari bidang arsitektur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk mendapatkan data yang akurat dan konkret. Metode kualitatif menggunakan data primer dan sekunder. Dari data-data tersebut akan dianalisis dengan konsep desain yang akan diangkat. Setelah analisa dapat disimpulkan bahwa perancangan dengan tema arsitektur perilaku dapat membantu anak-anak yang bermasalah dengan hukum tidak kehilangan hak-haknya sebagai anak serta bisa tumbuh dan berkembang dengan baik.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-05-28