APARTEMEN RAMAH LINGKUNGAN TEMA: ARSITEKTUR BERKELANJUTAN

  • Rista Lolok
  • Budi Fathony
  • Debby Budi Susanti
Keywords: efek rumah kaca, apartemen, arsitektur berkelanjutan

Abstract

Kota Malang merupakan kota terpadat kedua di Jawa Timur, yang dikenal sebagai kota pendidikan yang menarik keinginan masyarakat untuk menetap di kota ini. Laju pertumbuhan penduduk, transportasi, dan industri, menyebabkan naiknya pemanasan global yang ditandai dengan perubahan suhu permukaan bumi yang semakin panas. Akhir-akhir ini, banyak isu terkait dengan efek rumah kaca yang berdampak besar terhadap lingkungan hidup apabila tidak ditanggulangi dengan teliti. Solusi untuk mengurangi akibat dari dampak efek rumah kaca adalah dengan menerapkan berbagi konsep yang berkaitan dengan ramah lingkungan.

Permasalahan ini belum menjadi suatu permasalahan yang serius, akan tetapi seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk tanpa diimbangi oleh pembangunan fasilitas penunjang akan menjadi suatu permasalahan yang cukup besar. Sehingga perancangan apartemen ramah lingkungan ini merupakan salah satu upaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Apartemen merupakan bangunan yang menggabungkan beberapa aktivitas dan fungsi yang dirancang secara vertikal, sebagai penunjang kebutuhan penghuninya dan selain itu dapat memberi keuntungan dalam pemanfaatan lahan yang maksimal karena pembangunan dirancang secara vertikal. Konsep perancangan apartemen ini diharapkan dapat menjadi solusi terbaik untuk memenuhi kebutuhan penduduk Kota Malang.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-01