RE-DESIGN PERTOKOAN CITRA NIAGA SEBAGAI PUSAT PERBELANJAAN UKM CENTER DI KOTA SAMARINDA TEMA: NEO-VERNAKULAR

  • Shevira Alfiyah Refianda Zulfi
  • Suryo Tri Harjanto
  • Muhammad Nelza Mulki Iqbal
Keywords: Citra Niaga, Neo-Vernakular, Pusat perbelanjaan pertokoan, UKM lokal

Abstract

Kawasan Pertokoan Citra Niaga di Kota Samarinda merupakan sebuah objek wisata belanja, pusat perbelanjaan, dan arena promosi di Kota Samarinda. Dalam beberapa tahun belakangan, pertokoan ini tidak lagi dipadati oleh pengunjung membuat area pertokoan menjadi tertinggal. Perancangan ulang dari kawasan ini bertujuan untuk membuat desain pusat perbelanjaan pertokoan yang dapat menarik pengunjung agar UKM lokal dapat menawarkan dan mempromosikan produk-produknya sehingga mampu bersaing dan berkontribusi dalam perekonomian Kota Samarinda . Metode yang digunakan dalam perancangan ini meliputi teori penyusunan konsep desain arsitektur menurut Donna P. Duerk dimana dari dikumpulkannya data-data lalu ditemukannya isu-isu perancangan hingga didapatkan konsep perancangan yang dikembangkan untuk menjadi solusi dari isu-isu tersebut. Dengan demikian, re-desain pada kawasan pusat pertokoan ini harapannya dapat membuat wadah pusat perbelanjaan bagi UKM lokal untuk memasarkan dan mempromosikan produk-produk UKM lokal. Serta sebagai wadah yang menyediakan sarana hiburan, kenikmatan, dan gaya hidup sekaligus dapat berkontribusi dalam menciptakan ruang terbuka publik yang baik terutama pada kawasan yang kumuh.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-01