BOARDING SCHOOL UNTUK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (AUTISME) DI KOTA BATU TEMA: ARSITEKTUR PERILAKU

  • Zelin Velania Devi
  • Gatot Adi Susilo
  • Hamka
Keywords: Boarding School, Perilaku, Autisme

Abstract

Tiap tahunnya, penyandang ASD (Autism Spectrum Disorder) mengalami peningkatan. Menurut Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, sebanyak 70% anak berkebutuhan khusus tidak mendapatkan pendidikan yang layak. Di Kota Batu sendiri hanya tersedia sedikit fasilitas pendidikan sekolah khusus Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Luar Biasa ataupun sekolah inklusi. Sebagian besar sekolah juga belum diimbangi dengan fasilitas yang baik. “Boarding School untuk Anak Berkebutuhan Khusus (Autisme) di Kota Batu dengan Tema Arsitektur Perilaku” diharapkan mampu menjadi wadah atau media penyembuhan, perawatan, ruang bermain maupun belajar sesuai dengan perilaku dan kebutuhan penyandang ASD (Autism Spectrum Disorder). Metode perancangan yang digunakan menerapkan metodologi desain oleh Bryan Lawson, dimana metodologi desain ini memiliki tahapan komunikasi yang sesuai dengan definisi dari pendekatan arsitektur perilaku itu sendiri. Dalam tiap konsep rancangannya berdasarkan pada pola perilaku, karakteristik, aktifitas, serta kebiasaan pengguna bangunan. Mulai dari tampilan bangunan, sistem sirkulasi, bentuk dan penataan ruang, pemilihan vegetasi, kemudahan aksesibilitas didesain dengan mempertimbangkan faktor keamanan dan juga kenyamanan yang sesuai dengan kebutuhan penyandang ASD (Autism Spectrum Disorder).

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-12-01