E-COMMERCE MALL DI KOTA BANDAR LAMPUNG TEMA : HI-TECH ARCHITECTURE

  • Fadilah Prayoga W
  • Gatot Adi Susilo
  • Putri Herlia Pramitasari
Keywords: Mall, Rancangan, E-Commerce High-Tech

Abstract

Peningkatan minat belanja masyarakat di Kota Bandar Lampung bertambah seiring meningkatnya kebutuhan tempat berbelanja. Kebutuhan akan tempat berbelanja yang aman dan nyaman menjadi tuntutan masyarakat untuk mendukung kegiatan berbelanja mereka. Tidak hanya minat belanja offline, minat belanja online masyarakat juga sangat tinggi. Pada desember 2018 sebanyak 86% masyarakat Indonesia melakukan pembelian barang secara online melalui platform media dan marketplace. Namun banyak kasus penipuan jual beli online yang ditemukan dan menjadi permasalahan pembeli online. Hal ini menjadi ide gagasan untuk menciptakan sistem perbelanjaan baru yang menggabungkan antara sistem perdagangan online dan offline. Tema perencanaan yang diterapkan yaitu High-Tech arsitektur yang berarti suatu bangunan menyandang langgam struktur yang high teknologi (Braniati & Aqli, 2020). Tema high-tech dan fungsi perancangan saling berkolaborasi membentuk ruang-ruang seperti ritel online dan offlline, supermarket, dst. Metode perancangan dilakukan melalui isu terkait, pengumpulan data kawasan, kemudian penentuan judul, tema, lokasi hingga membentuk desain yang sesuai kondisi sekitar tapak. Adanya E-Commerce Mall di Kota Bandar Lampung diharapkan dapat menjawab kebutuhan masyarakat akan pusat perbelanjaan berteknologi kekinian yang aman dan nyaman baik secara offline maupun online.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-12-30