GEDUNG KONVENSI & UMKM TEMA: ARSITEKTUR METAFORA

  • Dwi Kevin Ramadhana
  • Adhi Widyarthara
  • Bayu Teguh Ujianto
Keywords: Konvensi, UMKM, Kota Malang, Arsitektur Metafora

Abstract

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), jumlah kunjungan wisatawan asing terus meningkat, pada Maret 2014 tercatat 726.300 ribu kunjungan. Kemudian selanjutnya pada Maret 2015 meningkat 3,24% menjadi 749.900 ribu kunjungan, kemudian meningkat secara drastis sebesar 48,01% pada Desember 2016 menjadi 1,11 juta. Kemudian pada saat itu meningkat lagi sebesar 3,03% pada Desember 2017 menjadi 1,15 juta kunjungan dan pada Agustus 2018 naik 31,3% menjadi 1,51 juta kunjungan. Pada kategori Wisatawan Nusantara (WINUS) di tahun 2016 terjadi peningkatan sebesar 21,1% dengan jumlah kunjungan sebesar 3.987.074 juta kunjungan, dibandingkan dengan kunjungan WINUS pada tahun 2015 sebanyak 3.290.067 kunjungan. Kemudian pada tahun 2017 meningkat sebesar 25,4% menjadi 5 juta kunjungan. Kemudian pada tahun 2018 mengalami peningkatan pesat hingga setengahnya menjadi 7,5 juta kunjungan WINUS. Dengan pertimbangan jumlah kunjungan wisatawan terbilang besar dan bertujuan untuk menaikkan angka kunjungan, durasi kunjungan dan konsumsi wisatawan, saya menggabungkan kegiatan pameran dengan kegiatan perdagangan serta memajukan produk UMKM di Kota Malang. Kota Malang juga memiliki 1.161 UMKM yang dirangkai menjadi 7 bidang usaha. Dengan peningkatan yang sangat besar dan kuantitas kunjungan wisatawan ke Kota Malang untuk melakukan MICE kegiatan industri travel dan sekaligus membantu dan menaikan nilai produk UMKM Kota Malang. Maka dari itu, Gedung Konvensi & UMKM diharapkan menjadi solusi yang dapat menjawab permasalahan tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-07-01