PUSAT PENGEMBANGAN GAME DI KOTA MALANG TEMA: ARSITEKTUR METAFORA

  • Alessandro Pareira Saputra Wula
  • Breeze Maringka
  • Hamka
Keywords: Pengembangan Game, Kota Malang, Arsitektur Metafora, Tetris

Abstract

Kota Malang dikenal sebagai salah satu pusat kreatif di Indonesia dengan pertumbuhan industri game yang signifikan, namun pertumbuhan ini juga berdampak pada permasalahan tata kota, sehingga rancangan ini bertujuan membuat bangunan yang beradaptasi dengan pertumbuhan industri game. Permasalahan yang ditemukan ialah bagaimana merancang bangunan dengan tema video game dan sistem yang beradaptasi dengan pertumbuhan industri game dan peningkatan kepadatan kota, bersamaan dengan berkontribusi meningkatkan RTH kota yang belum ideal. Fungsi Pusat Pengembangan Game ialah mengumpulkan berbagai keahlian dalam pengembangan permainan video game. Lokasi memiliki luas 24.286 meter persegi dan terletak di Jalan Puncak Borobudur, Kota Malang. Metode perancangan mengaplikasikan pendekatan metafora tangible. Hasil rancangan ialah konsep tapak terpusat dan bentuk yang mengadopsi elemen dari video game Tetris melalui olah bentuk. Ruang-ruang bangunan menggunakan bahan ringan, kuat, dan tahan lama. Struktur utama menggunakan ruang modular, struktur bawah menggunakan pondasi bored pile, struktur atas menggunakan modul atap dan dak beton. Rancangan Interior dan eksterior terinspirasi oleh bentuk tetrimino dan lanskap taman mengikuti pola tetrimino untuk menciptakan lingkungan yang menarik dan memperkuat karakter tema metafora Tetris.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2023-12-15