PERHITUNGAN BESAR NILAI MARK UP PADA PENAWARAN HARGA PEKERJAAN BANGUNAN HOTEL

  • Dwijayanti Melisa Universitas Tarumanagara
  • Johan Johny Universitas Tarumanagara,
Keywords: Mark up, Expected profit, Harga Perkiraan Sendiri

Abstract

Perencanaan biaya memegang peran penting dalam perencanaan pembangunan proyek konstruksi.
Seluruh kegiatan proyek memerlukan pembiayaan baik dari awal persiapan hingga serah terima ke pemilik
proyek. Konsultan Quantity Surveyor sebagai wakil pemilik proyek dalam hal pembiayaan akan
mengevaluasi penawaran harga kontraktor dengan memperhitungkan harga perkiraan sendiri. Oleh karena
itu keakuratan dalam memperhitungkan harga perkiraan sendiri sangat penting. Beberapa strategi
penawaran harga telah dikemukakan oleh para pakar, strategi yang paling sering digunakan ialah costbased
pricing. Dalam strategi cost-based pricing merumuskan penawaran harga yang terdiri dari biaya
langsung dan tidak langsung ditambah dengan mark up. Nilai mark up dalam penawaran harga oleh
kontraktor dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal pada masing-masing perusahaan sehingga
menghasilkan nilai yang berbeda-beda pada proses tender. Pakar permodelan mark up yaitu Friedman dan
Gates merumuskan nilai mark up yang dipengaruhi oleh peluang menang dari setiap kontraktor. Penelitian
ini bertujuan untuk mencari besar nilai mark up yang dihasilkan dari permodelan Friedman dan Gates.
Analisis data historis penawaran kontraktor dengan perumusan permodelan penawaran mark up oleh
Friedman dan Gates menghasilkan bahwa nilai mark up kurang lebih sebesar tujuh persen dari pekerjaan
struktur, arsitektur, dan plumbing. Nilai mark up dipengaruhi oleh jumlah dan pesaing tender pada masa
proses tender konstruksi.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-09