KRITERIA LOKASI PERENCANAN TRANSIT ORIENTED DEVELOPMENT SEBAGAI SIMPUL UTAMA SISTEM ANGKUTAN UMUM

Studi Kasus di Kota Balikpapan, Kalimantan Timur

  • Dwiana Novianti Tufail Institut Teknologi Kalimantan
  • Rizky Arif Nugroho Institut Teknologi Kalimantan
  • Elin Diyah Syafitri Institut Teknologi Kalimantan
Keywords: Transit Oriented Development, Analytical Hierarchy Proses, Simpul Angkutan Umum, Kriteria Lokasi Perencanaan

Abstract


Berdasarkan permasalahan pertumbuhan aktivitas kota dan peningkatan jumlah kendaraan pribadi,
diperlukan model penataan lahan yang bersifat kompak/multiguna, serta penataan sistem pergerakan yang
mengutamakan penggunaan angkutan umum. Kebutuhan penataan lahan ini, dapat diwujudkan melalui konsep
Transit Oriented Development (TOD). Konsep ini mengintergasikan penataan lahan yang multiguna (mixed use)
dengan jaringan angkutan umum, dimana terminal atau stasiun menjadi pusat aktivitasnya.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kriteria prioritas dalam perencanaan Kawasan TOD,
berdasarkan persepsi pemangku kepentingan lokal dalam lingkup Kota Balikpapan. Pemilihan lokasi didasarkan
pada potensi pertumbuhan kota yang diindikasikan oleh tingginya angka pertumbuhan ekonomi sebesar 4,76%
di tahun 2016. Selain itu, volume kendaraan pribadi sebesar empat kali lipat dari volume angkutan umum,
sehingga diperlukan upaya untuk mendorong preferensi penggunaan angkutan umum. Faktor yang juga
mendukung yaitu adanya rencana pengembangan terminal di Kota Balikpapan, yang berpotensi menjadi pusat
kawasan TOD.
Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan proses konfirmasi Standar TOD oleh ITDP (Institute
for Transportation and Development Policy). Standar ini dikofirmasikan kepada pemangku kepentingan yang
berperan dalam perencanaan kawasan TOD. Sasaran proses konfirmasi ini antara lain Dinas Perhubungan
Kota Balikpapan dan Sinarmasland selaku Pengembang Perumahan. Data persepsi pemangku kepentingan
kemudian dianalisis menggunakan metode Analytical Hierachy Process (AHP). Dengan demikian, kriteria lokasi
dapat diperoleh untuk perencanaan Kawasan TOD di Kota Balikpapan.
Hasil dari penelitian ini yaitu terkonfirmasi lima kriteria prioritas untuk perencanaan Kawasan TOD yang
sesuai dengan kondisi lokal Kota Balikpapan. Kriteria-kriteria tersebut yaitu Transit, Connectivity, Mix Use dan
Shifting.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2020-01-09