ANALISA KERUSAKAN JALAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PAVEMENT CONDITION INDEX (PCI)

  • Jauhari Prasetiawan Universitas Islam Al-Azhar Mataram
  • Husnul Khotimah Universitas Islam Al-Azhar Mataram
Keywords: Kerusakan Jalan, Pavement Condition Index, Perkerasan Jalan

Abstract

ABSTRAK

Ruas jalan Brawijaya merupakan salah satu jalan kolektor primer di Kota Mataram dengan lalu lintas yang ramai. Jalan ini memiliki fungsi yang penting dalam menunjang kegiatan masyarakat seperti perdagangan, perkantoran, pendidikan serta distribusi barang dan jasa. Pada ruas jalan ini, terdapat beberapa kerusakan pada lapisan perkerasan. Kerusakan ini menunjukan menurunnya kemampuan perkerasan jalan dalam menerima beban. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerusakan apa saja yang terjadi pada ruas tersebut, yang nantinaya sebagai acuan pengmbilan keputusan dalam penanganannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode PCI (Pavement Condition Index) yang ditentukan berdasarkan tiga faktor, yaitu jenis kerusakan, tingkat kerusakan dan jumlah atau kerapatan kerusakan. PCI merupakan indeks numerik yang nilainya berkisar antara 0 sampai dengan 100. Nilai 0 menunjukan perkerasan dalam kondisi gagal dan nilai 100 dalam kondisi baik. Berdasarkan hasil penelitian, pada ruas jalan Brawijaya jenis kerusakan yang terjadi sebagian besar berupa retak kulit buaya sebesar 84,72%, retak kotak-kotak sebesar 3,97%, amblas sebesar 0,11%, tambalan 10,80%, lubang sebesar 0,32% dan patah slip sebesar 0,08% . Nilai PCI rata-rata pada Ruas Jalan Brawijaya sebesar 51. Dari nilai PCI yang diperoleh tersebut dalam kondisi jelek (Poor).

Kata Kunci : Kerusakan Jalan, Pavement Condition Index, Perkerasan Jalan

ABSTRACT

Brawijaya road is one of the primary collector roads in Mataram which has a crowded traffic. It has an important function in sustaining community activities such as commerce, offices, education, and the distribution of goods and services. There's some damage to the crust of the road. The damage is showing the decrease in road ability to accept the load. So the aims of this study is to identify the damage of Brawijaya road, as a referencing guide to its treatment. The method used in this study is the PCI (Pavement Condition Index) method defined by three factors: the kind of damage, the level of damage and the number or density of damage. The PCI is a numerical index with a range of between 0 and 100. A score of 0 shows improvement in failed condition and a score of 100 in good condition. According to the research, on the Brawijaya road, the type of damage that occurred was largely an 84.72% alligator cracking, 3.97% in block cracking 0.11% in depression, 10.80% in patching an utility cut patching, 0.32% in potholes and 0.08% of the slippage cracking. An average PCI on Brawijaya road's at 51. From the earned PCI score is at poor conditions.

Keywords: road damage, PCI, pavement

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2021-02-08