PENGGUNAAN “CODE-SWITCHING” DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS UNTUK MAHASISWA TEKNIK

  • Masrurotul Ajiza Institut Teknologi Nasional Malang

Abstract

Bahasa memiliki peranan yang sangat penting bagi siswa, terutama sebagai alat untuk berkomunikasi. Semakin banyak Bahasa yang dikuasai, semakin mudah para siswa dalam menerima ataupun menyampaikan sebuah informasi.  Bahasa inggris merupakan Bahasa Internasional yang wajib mereka kuasai. Namun, berbeda dengan beberapa negara lain, Bahasa Inggris masih menjadi Bahasa asing Di Indonesia dimana Bahasa Inggris tidak digunakan sebagai alat komunikasi sehari-hari melainkan hanya di bidang tertentu seperti pendidikan. Penggunaannya yang sangat terbatas menjadi kendala tersendiri bagi para siswa dalam penguasaannya. Dengan kendala yang dihadapi oleh para siswa inilah yang membuat peneliti menggunakan metode code-switching, dimana selama pembelajaran dua Bahasa yakni Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia akan digunakan. Berbeda dengan penggunaan code-switching di kelas lainnya, disini code-switching hanya akan digunakan Ketika dosen akan memberikan instruksi pekerjaan, saat mahasiswa memberikan ide/informasi, serta saat evaluasi pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana data akan diambil melalui observasi serta rekamanan transkrip. Hasil dari penelitian ini menunjukkan dampak yang positif dalam pembelajaran Bahasa inggris, dimana mahasiswa dinilai mampu mengerti lebih bai katas apa yang disampaikan oleh dosen, serta mampu mengekspresikan dan mengkomunikasikan ide mereka di dlam kelas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2022-07-23