Pembuatan Analytic Hierarchy Process Pengembang Apartemen Untuk Kesesuaian Lokasi Pembangunan Apartemen di Kota Malang berbasis Sistem Informasi Geografis

  • Dedy Kurnia Sunaryo Teknik Geodesi, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Endro Yuwono Teknik Geodesi, Institut Teknologvi Nasional Malang
  • Sentot Achmadi Teknik Geodesi, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Yosimson Petrus Manaha Teknik Geodesi, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Ratri Andinisari Teknik Geodesi, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Tiara DE Teknik Geodesi, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Alexandra Putri Tara Leta Teknik Geodesi Institut Teknologi Nasional Malang
  • Hana Ananda Bastyan Teknik Geodesi, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Decca Putra Uriel Teknik Geodesi, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Fauzi Firnanda Teknik Geodesi, Institut Teknologi Nasional Malang
Keywords: Apartment Location Suitability, JavaScript Leaflet, Geographic Information System, Malang City

Abstract

Kota Malang merupakan kota yang terletak di Propinsi Jawa Timur, merupakan kota terbesar setelah ibukota Jawa Timur yaitu Surabaya. Permasalahan umum yang banyak dijumpai di kota-kota besar di Indonesia adalah padatnya jumlah penduduk dan lahan akan hunian yang semakin terbatas. Salah satu solusi dari permasalah tersebut adalah dengan pengembangan jenis hunian vertikal seperti  apartemen atau rumah susun. Salah satu fenomena yang terjadi di Kota Malang akhir-akhir ini adalah dibutuhkan pembangunan apartemen-apartemen baru sebagai respon terhadap permintaan yang tinggi. Sehubungan dengan hal tersebut, pembuatan Analytic Hierarchy Process (AHP) untuk pengembang apartemen guna membantu mencari kesesuaian lokasi pembangunan apartemen menjadi suatu hal menarik untuk dijadikan obyek penelitian dan pengabdian masyarakay. Melalui pengabdian masyarakat dengan pembuatan Analytic Hierarchy Process dan sistem untuk pengembang apartemen akan membantu para pengembang apartemen membantu mengambil keputusan mencari kesesuaian lokasi pembangunan apartemen dengan parameter pendukung kesesuaian yaitu peta kemiringan lereng, peta aksesbilitas jaringan jalan, peta penggunaan lahan eksisting, peta pola ruang, peta jarak fasilitas umum, dan peta ketersediaan air.

Hasil analisis kesesuaian pembangunan apartemen di kota Malang dengan pembuatan Analytic Hierarchy Process dan Sistem Informasi Geografis kemudian ditinjau dari kesesuaian penggunaan lahan terhadap RTRW, maka dapat diperoleh informasi kesesuaian penggunaan lahanya, serta kesesuaian terhadap RTRW, agar pelaksanaan dan perkembangan pembangunan apartemen di kota Malang  sesuai rencana yang bisa diantisipasi perubahan untuk diambil keputusan-keputusan yang relefan agar pengembang apartemen tetap membuat kota Malang menjadi kota yang idial.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2024-01-29