PEMBUATAN APLIKASI MOBILE GIS BERBASIS ANDROID UNTUK PERHITUNGAN KONDISI PERKERASAN JALAN

Studi Kasus : Kota Malang, Jawa Timur

  • Alvin Ahlunnizar Teknik Geodesi, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Jasmani Teknik Geodesi, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Adkha Yulianandha Mabrur Teknik Geodesi, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Feny Arafah Teknik Geodesi, Institut Teknologi Nasional Malang

Abstrak

Jalan merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan. Jalan memungkinkan orang untuk bepergian kemana saja dan beraktivitas, namun kerusakan jalan merupakan salah satu permasalahan utama yang perlu ditangani secara serius. Kota Malang memiliki banyak kerusakan jalan yang seringkali membahayakan dan merepotkan pengguna jalan. Penilaian kondisi permukaan jalan merupakan salah satu langkah dalam menentukan jenis program rehabilitasi yang perlu dilakukan. Salah satu cara untuk menentukan nilai kondisi jalan adalah dengan menggunakan metode perhitungan Pavement Condition Index (PCI). Merupakan suatu sistem untuk mengevaluasi kondisi jalan berdasarkan jenis, derajat dan tingkat kerusakan jalan dan dimaksudkan untuk digunakan sebagai dasar manajemen pemeliharaan.

Data kerusakan jalan yang dihasilkan dari metode PCI dapat menggambarkan tingkat kerusakan jalan secara keseluruhan. Namun perhitungan ini masih menggunakan perhitungan manual, dengan proses perhitungan yang cukup panjang. Untuk itu, aplikasi kalkulator kondisi perkerasan dapat membantu pengguna secara otomatis mencari informasi lokasi kerusakan dan kondisi jalan dengan lebih mudah.

Hasil aplikasi mobile GIS berbasis Android untuk menghitung kondisi perkerasan pada dua ruas jalan yang disurvei yaitu Jalan Veteran dan Langsep menghasilkan rata-rata nilai perkerasan  sebesar 65,453 dengan kategori Baik. Aplikasi perhitungan kondisi perkerasan mencapai persentase kelayakan total sebesar 78,5% yang masuk dalam kategori layak.Dengan demikian diharapkan aplikasi ini dapat memudahkan pemberian informasi dan perhitungan rute

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-12-08