PEMODELAN 3D PADA OBJEK KERAPATAN TINGGI MENGGUNAKAN METODE FOTOGRAMETRI JARAK DEKAT

Studi Kasus : Objek Patung Pandawa, Kota Malang

  • Martinus Edwin Tjahjadi Teknik Geodesi, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Fransisca Dwi A Teknik Geodesi, Institut Teknologi Nasional Malang
  • Ratri Andinisari ITN Malang

Abstrak

Pemodelan 3D pada objek kerapatan tinggi merupakan suatu pendekatan yang mendasar pada bidang pengukuran dan pemetaan. Salah satu metode yang berkembang untuk melakukan pemodelan 3D yaitu dengan menggunakan fotogrametri jarak dekat. Fotogrametri jarak dekat memanfaatkan sekumpulan foto dari berbagai sudut untuk dapat merekonstruksi model 3D secara detail. Model tiga dimensi yang dihasilkan dipengaruhi oleh banyaknya area tampalan antar foto.

Penelitian ini berfokus pada penerapan metode fotogrametri jarak dekat dalam pemodelan 3D pada objek kerapatan tinggi. Metode yang dilakukan yaitu dengan melakukan pengambilan data, pre-processing data, dan merekonstruksi 3D pada objek. Penggunaan teknologi ini memiliki keunggulan dalam mendokumentasikan objek-objek yang sulit untuk dijangkau atau memiliki kerapatan tinggi, seperti bangunan bersejarah, patung, ataupun struktur kompleks lainnya. Selain itu, penelitian ini juga membahas terkait dengan keakuratan dan hasil visualiasi pemodelan 3D yang dapat memberikan wawasan pada potensi dan batasan teknik dalam bidang pemodelan objek kerapatan tinggi.

Maka dengan terus berkembangnya teknologi fotogrametri jarak dekat, penelitian ini dapat berkontribusi pada pemahaman lebih lanjut terkait aplikasi praktis dan peningkatan kualitas hasil dari permodelan 3D pada objek kerapatan tinggi. Implementasi pada penelitian ini nantinya dapat merambah ke berbagai bidang yakni arkeologi, dokumentasi bangunan bersejarah, dan pengembangan model 3D untuk keperluan studi dan visualisasi.

##plugins.generic.usageStats.downloads##

##plugins.generic.usageStats.noStats##
Diterbitkan
2023-12-09