PENGARUH KARAT DALAM JANGKA WAKTU RELATIF SINGKAT TERHADAP KETANGGUHAN PATAH PADA BAJA
Abstract
Korosi adalah masalah utama dalam pembangunan jembatan baja, karena berpotensi mempengaruhi integritas struktural jembatan dan juga penting dalam program inspeksi dan pemeliharaannya. Penelitian ini menunjukkan hasil uji laboratorium terhadap pengaruh korosi dalam waktu singkat terhadap ketangguhan fraktur sebagai salah satu sifat mekanik penting dari elemen jembatan baja. Spesimen yang terbuat dari baja SM 490 yang biasa digunakan untuk konstruksi jembatan digunakan untuk percobaan.
Spesimen yang digunakan terdiri dari non-korosif dan korosif dengan berbagai tingkatan berdasarkan lamanya paparan setelah perendaman dalam larutan asam untuk mensimulasikan laju korosi. Pengaruh laju korosi pada ketangguhan fraktur akibat kehilangan massa dipelajari. Ketangguhan fraktur masing-masing spesimen dipantau untuk baja yang tidak terkorosi dan berkarat dengan durasi paparan 4 minggu, 8 minggu, dan 12 minggu dan dengan kadar H2SO4 sebesar 30%, 40%, dan 50% untuk mengetahui efeknya terhadap ketangguhan berbagai spesimen. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tidak ada penurunan yang signifikan dalam durasi 4 minggu, 8 minggu, dan 12 minggu paparan ketangguhan patah tulang.Tes dan studi jangka panjang masih berlangsung dan akan terus dilakukan, karena hasil ini sangat membantu perancang jembatan dan manajer aset untuk memodelkan rencana inspeksi dan pemeliharaan korosi dengan lebih baik dan menilai integritas struktural jembatan baja yang terkena dampak korosi dengan lebih akurat