ANALISIS HASIL PELATIHAN TOTAL QUALITY MANAGEMENT UNTUK MEREDUKSI BIAYA KUALITAS PADA UMKM BORDIR DAN BATIK

  • Debrina Puspita Andriani Teknik Industri, Universitas Brawijaya
  • Sugiono Sugiono Teknik Industri, Universitas Brawijaya
  • Rakhmat Himawan Teknik Industri, Universitas Brawijaya
  • Oyong Novareza Teknik Industri, Universitas Brawijaya
Keywords: biaya kualitas, cacat produk, pelatihan, total quality management, UMKM.

Abstract

Bordir dan batik merupakan salah satu kerajinan yang cukup terkenal dikalangan masyarakat atau
wisatawan yang datang ke Malang. Terdapat beberapa UMKM yang memproduksi bordir dan batik, salah
satunya adalah UMKM yang terdapat di Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. UMKM ini memproduksi
berbagai jenis produk bodir dan batik siap pakai, seperti kebaya, mukena, pakaian wanita, baju pria muslim,
tas, dan lain-lain. Meskipun tidak menyebutkan angka secara pasti, UMKM ini bisa menjual produknya sampai
ratusan buah setiap harinya. Pemesanan juga terus mengalir dari sejumlah daerah di Indonesia, bahkan dari
luar negeri. Semua produk bordir dan batik yang ditawarkan merupakan hasil desain dan produksi dari UMKM
ini sendiri, sehingga memiliki ciri khas yang mungkin tidak ditemukan di daerah atau tempat kerajinan bordir
dan batik yang lain. Meskipun telah memiliki image yang baik, UMKM ini diketahui tidak pernah melakukan
promosi berlebihan, sehingga dengan menyadari bahwa banyaknya kompetitor-kompetitor yang mulai
bermunculan, kualitas dan pelayanan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Berdasarkan
survey pendahuluan baik terhadap pemilik maupun pekerja diketahui bahwa untuk menjaga produk agar tetap
berkualitas, UMKM ini masih sering mengolah kembali (rework) produk-produk mereka yang cacat. Akar
permasalahan munculnya produk cacat tersebut adalah dikarenakan kurangnya kesadaran para pekerja di
tempat tersebut akan tanggung jawab dan pentingnya menjaga kualitas. Kualitas masih dipandang secara
tradisional dimana menjadi tanggung jawab pemilik usaha saja. Melalui kegiatan pengabdian kepada
masyarakat (PKM) kali ini dilakukan pelatihan kepada pemilik usaha dan para pekerja mengenai total quality
management, dimana salah satu poin pentingnya adalah menjaga kualitas bersama-sama. Dengan menjaga
kualitas, selain diperolehnya produk yang sesuai dengan keinginan pelanggan, juga meningkatnya kepuasan
pelanggan internal dan eksternal, serta berkurangnya biaya kualitas.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-03