Analisis Technology Content Assesment Pada Lembaga Pendidikan Menggunakan Metode Teknometrik Studi Kasus Sekolah X

  • Yuda Putra Anggariawan Mahasiswa Magister Teknik Industri, Institut Teknologi Adhi Tama Surabay
  • Syamsuri Syamsuri Dosen Magister Teknik Industri, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
  • Rony Prabowo Dosen Magister Teknik Industri, Institut Teknologi Adhi Tama Surabaya
Keywords: Teknologi, Teknometrik, TCC, AHP, Assessment.

Abstract

Teknologi pada saat ini telah sangat berkembang dengan pesat dan berperan dalam kehidupan manusia serta sangat berpengaruh dalam aspek kehidupan masyarakat luas, baik dalam bidang ekonomi, politik, budaya, khususnya peran teknologi di bidang pendidikan. Dalam pendidikan sendiri teknologi kini memiliki peranan tersendiri dalam proses belajar mengajar. Pendidikan dilihat dari sisi penyelenggaraannya termasuk kategori layanan jasa (service) untuk kepentingan masyarakat dilaksanakan oleh lembaga penyelenggara pendidikan atau satuan pendidikan. Pendidikan sebagai industri jasa akan terkait dengan iklim persaingan yang terjadi di lapangan, terutama pada lembaga pendidikan. Dalam persaingan industri sejenis, industri yang mampu mengadopsi teknologi akan mampu memberikan dampak yang signifikan. Salah satu upaya perwujudan adopsi teknologi dalam dunia pendidikan adalah sekolah pintar. Untuk mewujudkan sekolah pintar tersebut maka lembaga pendidikan memerlukan sebuah penilaian kandungan teknologi (Technology Content Assessment) tiap komponen teknologi yang terdiri dari Technoware, Humanware, Infoware, dan Orgaware (THIO) untuk mengetahui nilai skor atau kontribusinya saat ini. Berdasarkan analisis Technology Content Assesment pada sekolah X menggunakan metode Teknometrik diperoleh Tingkat Kecanggihan masing-masing komponen teknologi adalah technoware 0,583, humanware 0,525, infoware 0,547, orgaware 0,639 dan nilai TCC sebesar 0,561. Sehingga sekolah X dikategorikan baik dan berada ditingkat klasifikasi semi modern.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-02-02