PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN FASILITAS BELAJAR TERHADAP MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI SMK PGRI 1 KERTOSONO

  • Gandung Lutfi Jauhari Program Studi Magister Teknik Industri, Fakultas Teknologi Industri
  • Zeplin Jiwa Husada Tarigan Magister Manajemen, Universitas Kristen Petra, Surabaya
Keywords: Kompetensi, Fasilitas, Motivasi, Prestasi, SmartPLS

Abstract

Kemajuan era globalisasi harus di imbangi dengan kualitas pendidikan. Faktor pendukung kualitas
pendidikan diantara lain kompetensi guru, fasilitas belajar, motivasi siswa dan prestasi siswa yang mampu
menginterpretasikan materi pembelajaran dengan baik. SMK PGRI 1 Kertosono merupakan sekolah swasta
yang mempunyai komitmen tinggi terhadap hasil kualitas belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk
mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung kompetensi guru dan fasilitas belajar terhadap motivasi dan
prestasi belajar siswa di SMK PGRI 1 Kertosono. Dengan pendekatan Part Least Square diharapkan mampu
memberikan evaluasi terhadap peningkatan prestasi belajar siswa melalui variabel yang ada. Hasil penelitian
menunjukan variabel fasilitas berpengaruh signifikan terhadap variabel Motivasi, variabel kompetensi
berpengaruh signifikan terhadap variabel motivasi, variabel kompetensi berpengaruh signifikan terhadap
variabel prestasi. Sedangkan untuk variabel fasilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap prestasi, Begitu juga
dengan variabel motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap variabel prestasi. Dengan taraf signifikan α =
0,05 Nilai R-square (R2
) untuk Motivasi sebesar 0,720 yang artinya model mampu menjelaskan variasi dari
Motivasi belajar sebesar 70% , sedangkan nilai R-Square (R2
) Prestasi sebesar 0,137 yang artinya model
mampu menjelaskan variasi dari Prestasi sebesar 13,7%. Sedangkan sisanya 16,3% yang tidak masuk dalam
model yang di jelaskan oleh variabel lain diluar model.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2018-02-03